Belajar Grammar Bahasa Inggris dari "I Love You"

 

mahir bahasa Inggris dari nol, hanya modal I love you


Mulanya, sempat nyinyir dengan slogan “Modal I love you, jadi mahir bahasa Inggris”. Selain nyinyir, apatis pula. Bagaimana tidak, bahasa asing itu sulit dipelajari. Kalau tidak serius dan hanya sepintas-sepintas, mungkin tidak bisa tercapai tujuan memiliki kemampuan bahasa Inggrisnya.

Lebih tidak percaya lagi, hanya dengan kalimat “I love you” seseorang bisa menduplikasi bentuk-bentuk kalimat dalam bahasa Inggris. Ah, rasanya mustahil. Tapi tetap saja, bagi pengusung slogan itu, “I love you” adalah modal besar untuk bisa bahasa Inggris.  


Ternyata, begini rumusannya.


Pahami Dasar-dasar SPOK dalam Kalimat Berbahasa Indonesia

Barulah akan sedikit tercerahkan jika slogan tersebut dibahas pada topik SPOK alias Subjek-Predikat-Objek-Keterangan yang merupakan dasar dan pokok pembahasan struktur kalimat

I => sebagai Subjek kalimat,

love => sebagai predikat, dan

you => sebagai objek

jika modal tiga kata tersebut ditambah menjadi “I love you so much”, maka lengkaplah sudah struktur Subjek-Predikat-Objek-Keterangan pada kalimat tersebut, dengan “so much” sebagai keterangan.

 

Substitusikan Tiga Kata Ajaib Tersebut

ó We maka menjadi “We love you so much”. Tahap dasar dalam bahasa Inggris ini tentu belum menjadi kemajuan yang menggembirakan. Oleh karenanya, pahami dasar-dasar pola Subjek kalimat dalam bahasa Indonesia, kemudian temukan padanan pokok dalam bahasa Inggris.

Mereka => They,

Kami/kita => we,

Dia => (Ada perbedaan terkait gender), He”  untuk laki-laki , dan

Dia => “She” untuk perempuan.

It => Ia (untuk benda/hewan)

Sehingga, perubahan-perubahan dasar dalam bahasa Inggris yang perlu dipahami adalah seperti contoh berikut:

I love you so much.

You love me* so much. (*pembahasan pada Objek Kalimat)

They  love you so much.

We love you so much.

She loves you so much.

He loves you so much.

It loves you so much.

Begitulah, cara memanfaatkan modal dasar “I love you” untuk bisa memiliki  pengetahuan dan keterampilan dasar bahasa Inggris. Praktikanlah dengan penuh kebernaian. Pola-pola dasar seperti inilah yang diperlukan oleh pemula.  


Post a Comment

Previous Post Next Post