Alasan dan Motivasi Belajar Bahasa Inggris

ilustrasi
ilustrasi

Komputer, HP (handphone), edit, delete, copy-paste, missed-call, dan sederet kata-kata lainnya yang sering kita dengar dan gunakan adalah kosakata dalam bahasa Inggris. Selain istilah dalam teknologi informasi, dalam bidang lain pun kosa-kata yang berasal dari bahasa Inggris dan diserap menjadi bahasa Indonesia banyak digunakan. Misalnya saja kata construction menjadi konstruksi, commission menjadi komisi, committee menjadi komite, dan sebagainya.

...bahasa Inggris telah menjadi bahasa dakwah yang digunakan oleh da’i-da’i di negara-negara yang menggunakan bahasa Inggris

Nyatanya, bahasa Inggris diakui sebagai bahasa pergaulan internasional. Iya, kan? Lihat saja dalam beberapa hal seperti ilmu pengetahuan, pariwisata, aviasi/penerbangan, teknologi informasi, pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain. Apalagi dunia kerja, kebanyakannya sudah pasti tak luput dari kebutuhan kemampuan bahasa Inggris sebagai salah satu syaratnya.

Nah, kalau begitu, sangat beralasan ya bagi kita untuk mempelajari bahasa Inggris. Lebih jelasnya, kita bahas beberapa alasan lainnya.


Bahasa Inggris: Bahasa Komunikasi Internasional

Sudah bukan hal asing lagi ya, bahwa bahasa Inggris dijadikan bahasa resmi alias the official language oleh 53 negara dengan jumlah penuturnya hampir 400 juta orang di seluruh dunia. So, mempelajari bahasa Inggris berarti kita juga memperbesar peluang pergaulan.

 

Bahasa Inggris: Bahasa Dunia Kerja

Pikirkan orang-orang Indonesia yang bekerja di luar negeri misalnya, di Malaysia. Film My Stupid Boss yang dibintangi Reza R, dan BCL cocok untuk membantu kita betapa dalam lingkungan kerja itu perlu kemampuan bahasa Inggris. Sedikit-banyak, pada film bergenre komedi itu harus memotivasi kita, paling tidak, bisa paham bahasa Inggris.

 

Dunia Hiburan Banyak Menggunakan Bahasa Inggris

Lagu, game online, game konsol, dan sebagainya, tak sedikit yang berbahasa Inggris. Apalagi film-film keren, Holywood, pastilah berbahasa Inggris. Walaupun kesemua itu mengalami proses penerjemahan atau alih bahasa, namun, mestinya kita berusaha untuk mempelajari bahasa Inggris untuk menikmati hiburan-hiburan tersebut.

 

Bahasa Inggris sebagai Bahasa Pengetahuan

Poin yang ini tidak bisa diragukan lagi. Temuan-temuan baik pengetahuan dan teknologi hampir semuanya diborong oleh mereka-mereka yang getol berinovasi. Hasil inovasi tersebut sangat nyata dikembangkan dan disebarluaskan menggunakan bahasa Inggris. Sebut saja internet. Ia bahkan seolah-olah telah menjadi dunia tersendiri, dunia baru. Dunia maya. Penjelajahan dunia maya akan lebih luas jika seseorang juga menguasai bahasa asing, misalnya bahasa Inggris.

 

Demikianlah alasan mengapa kita harus memiliki kemampuan bahasa Inggris. Oh ya, tak hanya itu. Konon, dahulu, bagi sebagian besar muslim di pedesaaan, bahasa Inggris dianggap sebagai bahasanya “orang kafir”, bahasa bangsa-bangsa penjajah. Ya, itu dulu saat bahasa Inggris digunakan oleh orang-orang Eropa yang menjajah bangsa Indonesia. Sakarang sudah berubah. Bahkan, bahasa Inggris telah menjadi bahasa dakwah yang digunakan oleh da’i-da’i di negara-negara yang menggunakan bahasa Inggris.

 

If so, carilah motivasi dan alasan kuat mengapa kita harus memiliki kemampuan berbahasa Inggris. Bisa jadi, alasan mendapatkan kesempatan dan peluang kerja atau menghasilkan pundi-pundi rupiah menjadi pilihan kuat. Boleh.    


Post a Comment

Previous Post Next Post