Gunakan Android Google Translate Biar Gak Ngetik Ulang Dokumen





Bagi yang sedang skripsi, butuh terjemahan, butuh teks dari buku yang harus diketik ulang atau diedit, dan sebagainya, tapi tulisan sumbernya berupa gambar/foto atau dokumen cetak? Tapi malas ngetik.

Mending kalau satu pargraf. Kalau yang harus diketiknyaa ada satu halaman, dua halaman, satu Bab, ohhh…TIDAAAK..! Jaman sekarang, untuk mengetik ulang suatu dokumen/naskah berhalaman-halaman sepertinya sudah bukan pilihan.


Lantas, adakah software atau robot yang mau mengetikan apa yang kita inginkan??hehe


Jawabannya: Gunakan Android Google Translate. GRATIS..tis..tis (aslinya sih bermodalkan kuota internet), dan juga Cepat. Download saja di google playstore, ukuran file apps-nya tidak sampai 50Mb (namun, ukuran file akan bertambah jika download mode offline penerjemahan untuk masing-masing bahasa).


Bagaimana Caranya?

Sebelum ke tahapan-tahapannya, beberapa hal yang harus ada pada gawai android kita adalah:

  1. Koneksi Internet: google translate ini hanya bisa dipakai jika ada koneksi internet.
  2. Text editor untuk android: contoh dalam tulisan ini menggunakan Jota Text Editor (bisa didownload dari Playstore juga). Teks editor ini digunakan untuk menyimpan Plain Teks dari google translate.
  3. Kable data/Aplikasi share-it: digunakan untuk transfer file dari HP ke laptop/computer.


Nah, jika tiga hal itu sudah terpenuhi, maka:


·Langkah pertama,

Jalankan aplikasi google translate pada hp android kita. Layar hp kita otomatis mengaktifkan kamera. Nah, fotolah tulisan yang ingin atau harus kita ketikan.

PENTING: pastikan hasil fotonya BAGUS, rapi, JELAS, tidak buram, TEGAK LURUS, karena hal tersebut mempengaruhi akurasi setiap kata dan huruf pada hasil plain text-nya.

Pastikan juga ketika memotret teks sumber, kamera hanya memotret tulisan yang kita inginkan.

Setelah itu, pilih semua teks yang kita inginkan.

Tips: bisa menekan tombol “pilih semua” atau ”Select All”.  Kemudian tekan tanda panah terjemahkan.


·Langkah kedua

Select/pilih semua teks yang sudah berbentuk Plain text (editable text), lalu copy dan tempel pada teks editor (misalnya: Jota Text editor). Kemudian simpan.

TIPS: Jika teks atau dokumen kita berbentuk pdf di HP, caranya, buka filenya dan screenshot bagian yang ingin kita ambil sebagai plain teks. Lalu lakukan langkah satu dengan memilih/browse file screenshot-nya. Kemudian lakukan langkah kedua. Tips ini sangat bermanfaat diterapkan pada file dokumen pdf yang tidak bisa dicopy alias diproteksi.

Lakukan langkah 1 dan 2 jika kita memiliki beberapa halaman/sumber teks yang harus diketikan.


·Langkah  ketiga

Jika sudah tersimpan pada hp, transfer-lah filenya ke laptop, dan SELAMAT, kita sudah punya plain teks yang bisa diedit dan diketik ulang tanpa harus mengetikan huruf-per-huruf pada komputer kita.

Dengan kata lain, trik ini menyuruh mesin google translate mengetik tulisan untuk kita. SELAMAT MENCOBA.

Post a Comment

Previous Post Next Post