Mengenal Pronoun (Kata ganti)


Subject Pronoun

adalah kata ganti yang berfungsi sebagai dan menempati posisi subyek dalam kalimat. Berikut adalah kata ganti dalam bahasa Inggris.

Kata

Jumlah

Arti

I

Tunggal*

Saya

You

Tunggal/[jamak]

Kamu/[kalian]

They

Jamak**

Mereka

We

Jamak

Kami/kita

She

Tunggal

Dia (penyebutan kepada perempuan)

He

Tunggal

Dia (penyebutan kepada laki-laki)

It

Tunggal

Ia (penyebutan untuk benda atau binatang)

* Dalam B. Inggris: Tunggal = Singular;  Jamak = plural

** Dalam bahasa Inggris, sesuatu yang jumlahnya lebih dari satu terhitung jamak

 

Berikut ini contoh penggunaan Subject pronouns dalam kalimat nominal dan kalimat verbal.

Kata

Contoh (terjemahannya)

I

I throw the ball. (Saya melempar bola.)

 

I am a merchant.(Saya seorang pengusaha.)  

You

You should play the music. (Kamu harus memutar musiknya.)

 

You are the winner. (Kamu adalah pemenangnya.)

They

They put up a tent.(Mereka mendirikan sebuah tenda.)

 

They are in the heart of the jungle. (Mereka berada di tengah hutan.)

We

We send the letter to Mira. (Kami mengirim surat kepada Mira.)

 

We are Mira’s friend. (Kami adalah temannya Mira.)

She

She loves Hendra so much. (Dia begitu mencintai Hendra.)

 

She is Hendra’s wife. (Dia adalah isterinya Hendra.)

He

He helps an old lady. (Dia menolong seorang nenek tua.)

 

He is a generous man. (Dia seorang pemuda baik hati.)

It

I Have a bird. It sings nicely every morning. (Saya punya seekor burung. Ia berkicau merdu setiap pagi.)

 

It Is my first bird pet. (Ia adalah burung peliharaan pertama saya.)  

Demonstrative Pronouns

Demonstrative Pronouns adalah kata ganti penunjuk suatu benda, tempat, atau orang. Dalam bahasa Indonesia kita mengenal kata tunjuk “ini” untuk merujuk sesuatu yang tepat, misalnya, “komputer ini, kota ini, perempuan ini”; dan kata tunjuk “itu” untuk merujuk sesuatu yang jauh, misalnya, “mobil itu, planet itu, anak itu”. Berikut ini penggunaan Demonstrative Pronouns Dalam bahasa Inggris.

 

Penunjuk dekat

Penunjuk jauh

Penggunaan

This

That

Untuk kata benda tunggal (singular noun)

These

Those

Untuk kata benda jamak (plural noun)

 

Contoh:

This is my favourite city. (Ini adalah kota favorit saya.)

These are my old unused clothes. 

(Ini adalah baju-baju lama saya yang sudah tidak terpakai.)

That is the boy whom I want to talk to. (Itu adalah anak yang saya ingin bicara padanya.)

Those are the new buildings in this city. (Itu adalah bangunan-bangunan baru di kota ini.)

 

Post a Comment

Previous Post Next Post